Cara Sederhana dalam Melestarikan Lingkungan

Ditjen ikp – Pentingnya kesadaran dalam menjaga lingkungan di sekitar kita merupakan cara dasar yang harus dimiliki oleh semua orang. Mengingat suhu bumi saat ini terus meningkat, maka kita semua sebagai penghuni sekaligus pengguna sumber daya alam yang ada di bumi ini, kita diwajibkan menjaga bumi kita ini agar kondisi bumi membaik.

Walaupun dampak negatif lingkungan yang buruk, karena semakin hari semakin kita rasakan, beberapa kejadian seperti banjir, sampah dan polusi, namun masih saja perilaku masyarakat dalam menjaga alam belum banyak berubah. Masih banyak orang yang buang sampah sembarangan, menggunakan plastik berlebihan bahkan mempersempit ketersediaan ruang hijau.

Sebenarnya ada banyak cara sedehana yang dapat dilakukan oleh manusia dalam menjaga lingkungan agar lingkungan yang ditempati terasa nyaman dan sejuk, caranya antara lain :

Membuang sampah pada tempatnya

Hal sederhana ini merupakan hal yang seharusnya bisa dilakukan oleh semua orang. Dengan membuang sampah pada tempatnya, kita membuat kita terhindar dari bencana seperti banjir. Karena pada umumnya, banjir yang terjadi di pumukiman penduduk dikarena meningkatnya volume air pada tempat-tempat yang digenangi air, seperti selokan, sungai, dan lain sebagainya, sehingga air yang ada pada genanagan tersebut meluap keluar.

Meningkat dan meluapnya volume air tersebut dikarenakan pada genangan-genangan air yang ada di pemukiman penduduk dipenuhi oleh sampah-sampah yang dibuang oleh warga sekitar. Dengan demikian marilah kita membuang sampah pada tempatnya agar terhindar dari bencana banjir.

Menghemat energi

menghemat energi nampaknya salah satu hal yang juga diabaiakan oleh sebagian masyarakat, mengingat semakin menipisnya sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, contohnya minyak bumi, gas alam, dan batu bara yang selama ini menjadi bahan bakar penggerak mesin-mesin yang digunakan oleh manusia, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui tersebut lama-kelamaan juga akan habis apabia terus-menerus digunakan oleh manusia, oleh karena itu kita harus menghemat energi.

Sikap masyarakat yang seharusnya dapat dilakukan untuk menghemat energi adalah dengan contoh sederhana berikut, denganmenghemat pemakaian listrik rumah tangga, menggunakan air conditiner dengan sangat bijak, dan meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor apabila tidak bepergian jarak jauh (dapat digantikan fungsi kendaraan bermotor tersebut dengan sepeda, selain bersepeda dapat menghemat energi pada kendaraan bermotor yang tidak digunakan, sepeda juga dapat menyehatkan tubuh).

Memanfaatkan barang bekas

barang bekas yang sudah tidak berguna lagi sebenarnya masih bisa dimanfaatkan untuk fungsi lain yang juga dapat digunakan oleh manusia. Ada yang langsung dapat digunakan kembali dan ada yang harus dirombak sedikit agar dapat digunakan. Barang bekas yang langsung dapat digunakan kembali dengan fungsi lain adalah kaleng bekas susu, kaleng tersebut dapat digunakan sebagai pot tanaman.

Mengingat fungsi kaleng susu adalah sebagai wadah susu, tetapi karena fungsi sebagai wadah susu tidak berfungsi lagi, sehingga kaleng susu yang telah kosng tersebut dialihfungsikan sebagai pot tanaman.

Menanam tumbuhan atau pohon

dengan menanam pohon di tempat tinggal kita, kita akan mendapatkan pasokan oksigen yang sangat bermanfaat bagi kita sendiri. Setelah kita menanam pohon atau tanaman lainnya, kita tetap harus menjaga dan merawatnya dengan baik.

Sebagai manusia yang menginginkan kesehatan, udara bersia juda dapat dikatakan sebagai prioritas utama selain air bersih dan makan higienis yang berkriteria empat sehat lima sempurna, udara bersih juga hal yang sangat penting karena bernapas merupakan kubutuhan manusia yang alamiah sebagai makhluk hidup.

Uncategorized